Sabtu, 21 September 2013

daun keladi



Kingdom         : Plantae
Divisio             : Magnoliophyta
Classis             : Liliopsida
Subclassis        : Arecidae
Ordo                : Arales
Familia            : Areceae
Genus              : Colocasia
Spesies            : Colocasia sp.

Tanaman keladi merupakan tanaman yang berdaun lengkap karena mempunyai bagian daun berupa pelepah daun (vagina), tangkai daun (petiolus), dan helaian daun (lamina). Pada daun keladi bangun daunnya seperti perisai dengan ujung daun yang tumpul (obtusus) dan pangkal daun yang berlekuk (emarginatus).
Daun keladi mempunyai tepi daun yang rata (integer), daging daun tipis lunak (herbaceus) dengan pertulangan daun yang menyirip (penninervis). Pada permukaan atas daun terasa licin (laevis) dan berwarna hijau tua, sedangkan pada bagian bawah daun berwarna hijau muda dan juga terasa licin (laevis).





daun ketapang


Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
T. catappa
Terminalia catappa
L.
Terminalia moluccana Lamk.
Terminalia procera
Roxb.
Terminalia latifolia
Blanco, non Swartz
  

Daun tebu (Saccharum officinarum L.)


Kingdom         : Plantae
Divisio         : Magnoliophyta
Classis          : Liliopsida
Sub classis    : Commelinidae
Ordo                        : Cyperales
Familia         : Poaceae
Genus           : Saccharum
Spesies         : Saccharum officinarum L.

Tumbuhan ini juga berdaun lengkap seperti pada daun bambu karena juga mempunyai bagian daun berupa pelepah daun (vagina), tangkai daun (petiolus), dan helaian daun (lamina). Tebu memiliki daun dengan bangun pita (Ligulatus) yaitu daun yang serupa dengan bangun garis (Linearis) tetapi lebih panjang lagi. Ujung daunnya runcing (acutus), pangkal daunnya rata (truncatus), dan tepi daun rata.
Daging daun bambu yaitu seperti perkamen, mempunyai tulang daun yang sejajar. Permukaan atas dan bawah daunnya kasap. Warna daunnya hijau muda baik pada bagian atas maupun pada bagian bawah.
Bangun daun dari daun tebu adalah berbentuk pita dan hampir sama dengan daun bambu namun daun tebu memiliki ukuran daun yang lebih besar dan lebar dibandingkan dengan daun bambu. Ujung daunnya berbentuk runcing dan pangkalnya berbentuk rompang atau rata yaitu tidak memiliki sedikitpun sudut pembentuk ataupun lekukan-lekukan. Daun tebu memilki tepi yang rata dan daging daunnya bertipe perkamen sama seperti daun bambu. Pertulangan daunnya pun sejajar dari pangkal sampai ujung daun. Permukaan atas dan bawah daun memiliki permukaan yang kasar, dan apabila dipegang akan terasa urat-urat daun yang tersusun sejajar kecil. Warna daunnya hijau agak muda untuk bagian atas daun namun untuk bagian bawah daun agak berwarna hijau terang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar